Yuk…! Mengenali Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Kunyit adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah. Tanaman ini biasa diambil atau dimanfaatkan umbinya sebagai bumbu dapur maupun dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk  pengobatan berbagai macam penyakit. Kunyit memiliki dua jenis yaitu kunyit putih dan kunyit kuning. Perbedaan keduanya sangat mencolok yakni dari segi warna umbinya, namun kalau dilihat dari segi bentuk, batang, daun hampir sama antara keduanya .

Kunyit kuning memang lebih dahulu populer dibanding dengan kunyit putih karena hampir tiap saat kita bisa menemui menu makanan yang menggunakan salah satu campuran bumbunya dari kunyit. Masakan yang memanfaatkan kunyit sebagai salah satu bumbu umumnya berwarna khas yaitu kuning, jenis masakan tersebut banyak kita jumpai baik di warteg sampai dengan di restoran seperti pada masakan soto, kare ayam, nasi kuning, gulai dan banyak lagi..!

Adapun kunyit putih secara kasat mata memang tidak nampak dijadikan sebagai campuran bahan masakan meskipun banyak juga jenis masakan yang memanfaatkan kunyit putih juga sebagai bahan campuran masakan untuk menambah rasa sedap makanan sebagaimana kunyit kuning, walaupun kunyit putih kurang populer namun sebenarnya manfaatnya tidak kalah dari kunyit kuning bagi kesehatan tubuh dan kini kunyit putih bahkan sudah diolah secara modern atau pabrikan sebagai obat herbal yang banyak kita jumpai di toko obat maupun apotik.

MANFAAT KUNYIT PUTIH UNTUK KESEHATAN

Walaupun kunyit putih tidak nampak dari segi warnanya ketika dicampurkan dalam masakan, namun apabila kita rajin mengkonsumsi makanan yang dicampurkan dengan kunyit putih akan banyak sekali manfaat yang kita dapatkan bagi kesehatan tubuh kita, adapun manfaat secara rutin mengkonsumsi kunyit putih antara lain adalah ;

1. Anti mikroba dan anti jamur

Baca Juga :  Efek Negatif Penggunaan Headset Pada Kesehatan Telinga

Banyak peneliti yang telah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti gangguan pencernaan, diare, dan keracunan makanan. Selain itu ekstrak kunyit putih juga terbukti mampu melawan infeksi jamur Candida dan Aspergillus yang biasanya menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit pada gangguan saluran pernapasan.

2. Mengobati alergi kulit

Senyawa curcuminoids yang terdapat dalam kunyit putih sangat bermanfaat sebagai anti-alergi dan mampu mengatasi gejala infeksi alergi pada kulit. Kunyit putih juga mampu menghambat aktivitas protein sebagai penyebab gangguan peradangan.

3. Anti kanker

Kandungan dalam kunyit putih diyakini juga mampu menghambat penyebaran penyakit kanker dari suatu organ ke organ tubuh lain.

4. Menyembuhkan masalah pencernaan

Kunyit, baik yang berjenis kuning maupun putih sudah dikenal sangat ampuh sebagai bahan untuk mengobati berbagai masalah pencernaan dari zaman nenek moyang. Kandungan minyak esensial kunyit juga bermanfaat dijadikan sebagai alternatif pengobatan sakit kejang otot, penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung, sembelit dan peradangan usus akibat stres.

5. Menetralisir racun gigitan ular

Kunyit putih ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif yang cukup manjur untuk penawar racun akibat gigitan ular yang berbisa karena ekstrak yang terdapat dalam kunyit putih mampu bekerja menghambat aktivitas bisa ular yang menjalar dalam tubuh.

6. Pereda rasa sakit

Tanaman ini juga memiliki sifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin, karena kunyit putih dengan senyawa alaminya mampu menghilangkan rasa sakit. Selain itu, kunyit putih juga bermanfaat sebagai anti peradangan berkat kandungan diuretiknya terutama dalam mengatasi rasa nyeri sendi.

Naah…! Setelah kita mengenal manfaatnya kunyit putih untuk kesehatan yang luar biasa sebagaimana di atas, sebaiknya marilah kita mulai mencampurkan kunyit putih dalam masakan sehari-hari agar kesehatan kita tetap stabil.¬† Apa saja masakan yang cocok untuk dicampurkan dengan kunyit putih ya ? Akan kami sajikan di postingan berikutnya atau silahkan share bagi yang sudah merasakan manfaatnya pada kolom komentar untuk tambahan pengetahuan kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *